Cara Bermain Domino Dengan Mudah Untuk Pemula

cara Main Domino – Domino merupakan salah satu permainan yang berasal dari China dan telah ada sejak tahun 1120 M. pada awal mulanya permainan Domino dicetuskan oleh pengawal kerajaan yang Bernama Keung Tai Kung yang rencananya akan dipersembahkan untuk sang kaisar yang bertahta pada saat itu, yaitu kaisar Hui Tsung.

Permainan Domino hampir mirip seperti permainan kartu remi dimana objek untuk bermainnya adalah sebuah kartu.kartu Domino terbagi kedalam 28 kartu dengan bentuk yang kecil berwarna kuning yang disertai dengan gambar bulatan berwarna merah dengan jumlah yang berbeda-beda. Selain berbentuk kartu yang berbahan dasar kertas terdapat juga domino yang berbahan dasar akrilik. Penasarankan, bagaimana sih caranya bermain kartu Domino yang mengasyikan

Menentukan Pemain

Berbeda halnya dengan bermain catur yang hanya bisa dilakukan oleh dua pemain saja, maka pada permainan kartu domino dapat dilakukan oleh 4 pemain. Setiap pemain yang akan ikut bertanding akan mendapatkan kartu Domino sebanyak 7 buah.

Dalam satu set nya kartu Domino berjumlah 28 kartu, jadi jika setiap pemain hanya berhak mendapatkan 7 kartu saja untuk sekali bermain maka hanya 4 orang saja yang bisa ikut dalam permainan ini.

Dari 4 pemain ini akan ditentukan siapa yang akan mendapat giliran untuk bermain pertama kali. Penentuan ini biasanya dilakukan dengan cara melakukan pengundian.

Mengundi Permainan

Sebelum permainan dimulai pemain harus memposisikan diri yaitu dengan cara duduk melingkar berhadapan. Kartu harus dipegang menggunakan tangan dengan cara menurunkannya dan mengurutkan angka yang tertera pada kartu Domino.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melemparkan kartu domino ke tengah meja, setelah itu pemain berikutnya harus menyusul melempar kartu juga ke arah yang sama. Begitu seterusnya dilakukan secara bergantian. Jika pemain pertama tidak mempunyai kartu untuk bisa ditawarkan, maka pemain berikutnya yang akan melanjutkan permainan.

Permainan kartu Domino juga harus sesuai arah yang telah disepakati. Permainan dapat dilakukan searah dengan jarum jam atau menggunakan arah yang berlawanan.

Memilih Kartu

Jika permainan sudah masuk pada putaran selanjutnya maka harus ada kartu yang dibuang. Tetapi dalam membuang kartu tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena pemain harus memilih dan menentukan kartu yang mempunyai titik berjumlah sama seperti kartu yang berada di ujung deretan kartu Domino.

Jika kartu Domino berjumlah 28 lembar maka akan terdapat variasi nilai atau titik yang berbeda. Berikut ini adalah makna dari variasi nilai atau titik tersebut:

Nilai 0, merupakan nilai terkecil pada kartu Domino. Dimana kartu Domino ini tidak mempunyai titik dan hanya terdapat satu garis lurus pada tengah kartu Domino.
Nilai 12, merupakan nilai terbesar pada kartu Domino. Pada kartu Domino yang memiliki nilai 12 ini juga seringkali disebut dengan kartu balak 6 karena pada bagian atas dan bawah kartu memiliki jumlah titik yang sama yaitu atas 6 dan bawah 6.
Beberapa kartu balak akan mempunyai jumlah titik yang sama pada bagian atas dan bawah kartu. Misalnya 1/1, 2/2, 3/3, 4/4, 5/5, dan 6/6.

Mengeluarkan atau Membuang Kartu

Ada beberapa kartu yang harus dikeluarkan untuk dibuang jika permainan sudah masuk babak berikutnya. Misalnya. Pada ujung kanan kartu Domino terdapat titik yang berjumlah lima, sementara pada ujung kirinya terdapat titik yang berjumlah satu saja. Jadi kartu yang bisa dikeluarkan untuk dibuang yaitu kartu yang memiliki posisi titik yang sama seperti pada ujung kanan atau ujung kiri kartu.

Hal inilah yang membedakan permainan kartu Domino berbeda dengan permainan kartu yang lainnya. Karena pemain harus dituntut untuk mampu memeriksa dan menghitung kartu yang berada ditangannya.

Permainan kartu Domino akan terus berjalan menggunakan Teknik permainan yang sama hingga salah satu pemain berhasil menghabiskan kartu Domino tersebut.

Menentukan Pemenang

Untuk menentukan pemenang pada permainan kartu Domino ini sangatlah mudah, yaitu dengan cukup melihat siapakah pemain pertama yang berhasil menghabiskan atau membuang kartunya ke deck, maka pemain tersebutlah yang akan menjadi pemenang.

Jika ada pemain yang memegang sisa angka dengan nilai terbesar maka akan dianggap kalah. Ada teknik lain yang bisa dilakukan pemain jika ingin menang dalam permainan ini yaitu dengan menggunakan teknik adu kartu. Teknik ini mengharuskan pemain untuk memiliki sisa nilai angka yang paling kecil diantara nilai angka pemain lainnya.

Pada saat menggunakan teknik adu kartu ini kondisi tidak memenuhi maka pihak penantang akan menjadi pihak yang dianggap kalah.

Nah…seperti itulah cara bermain Kartu Domino yang mengasyikan dan bisa kamu tiru. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan permainan ini.diantaranya melatih untuk bisa berkonsentrasi serta berani untuk menentukan keputusan untuk meminimalisir sebuah kekalahan.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *